SILABUS
SMA
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA N 1 LUBUK BASUNG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
BIOLOGI
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / 2
|
Kompetensi Inti
|
:
|
|
KI 1
|
:
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI 4
|
:
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
|
prinsip reproduksi manusia untuk menanggulangi
pertambahan penduduk melalui program keluarga berencana (KB) dan peningkatan kualitas
hidup SDM melalui pemberian ASI ekslusif.
|
||||||
1.1.
|
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang struktur dan fungsi sel,
jaringan, organ penyusun sistem, dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.
|
Menanggulangi
kepadatan penduduk melalui KB dan peningkatan kualitas SDM dengan ASI
ekslusif
· Prinsip reproduksi
· Konsep KB.
· Alat kontrofersi
· Konsep ASI.
· Kelainan/penyakit yang terjadi.
|
Mengamati
·
Membaca teks tentang KB dan ASI dari berbagai sumber.
Menanya
·
Apa yang dimaksud dengan KB
·
Bagaimana hubungan KB dalam penerapan prinsip reproduksi
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
·
Diskusi kelas dengan
gambar yang ditampilkan mengenai ibu hamil dan anak menyusui
·
Mengingat
kembali proses reproduksi yang sudah dipelajari
·
Mengkaji literatur tentangKB dan ASI ekslusif dan mendiskusikannya
dalam kelompok.
·
Mendiskusikan hubungan antara kesehatan reproduksi, program KB dan
kependudukan.
· Mengkaji literatur dari
berbagai sumber tentang fertilisasi, gestasi dan persalinan dalam kelompok dan mengkomunikasikan dalam
bentuk laporan tertulis/lisan.
· Menggali informasi dari
litertatur/petugas kesehatan, dll untuk menemukan alasan pentingnya ASI pertama
keluar bagi seorang bayi melalui tugas kelompok.
· Menemukan penyebab
kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi dari berbagai
sumber literatur/media melalui penugasan individu.
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan
hasil analisis tentang berbagai proses reproduksi dengan kesehatan diri dan
masyarakat.
· Menyimpulkan mengapa KB harus dilakukan dari hasil diskusi hubungan
reproduksi dengan kependudukan.
Mengkomunikasikan
· Menjelaskan
secara lisan hubungan antara sistem reproduksi dengan pengendalian jumlah penduduk,
kesehatan, dan kesejahteraan keluarga.
|
Tugas
· Membuat poster kampanye
penggunaan ASI EKSKLUSIVE dan Program KB.
· Program
rencana pribadi tentang program masa depan tentang pandangannya terhadap
pernikahan dini dan perilaku negatif yang berkaitan dengan reproduksi.
Observasi
· Sikap
dari penilaian diri dan metakognisi terhadap keksehatan reproduksi remaja.
Portofolio
· Laporan
kegiatan pengamatan dan presentasi kelas.
.
Tes
· Tertulis
essay yang menggambarkan pemahaman sistem reproduksi dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari turut menyehatkan dan meningkatkan kesejahteraan diri
dan keluarga serta masyarakat.
· Essay
tentang pendapatnya terhadap perilaku negatif remaja dalam kaitannya dengan
kesehatan diri dan masa depan siswa.
|
3
minggu x 4 JP
|
· Buku siswa
· Buku referensi
berbagai sumber
· gambar alat
reproduksi manusia,
· gambar/film
proses perkembangan janin
· gambar/foto
contoh-contoh alat kontrasepsi
· gambar/foto
contoh kelainan-kelainan dalam sistem reproduksi
· LKS
|
1.2.
|
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam
kemampuan mengamati bioproses.
|
|||||
1.3.
|
Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan
hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan
ajaran agama yang dianutnya.
|
|||||
2.1.
|
Berperilaku ilmiah: teliti,
tekun, jujur terhadap data
dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan
peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam
setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium
maupun di luar kelas/laboratorium.
|
|||||
2.2.
|
Peduli terhadap
keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja
saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di
lingkungan sekitar.
|
|||||
3.13.
|
Menerapkan pemahaman tentang prinsip reproduksi
manusia untuk menanggulangi pertambahan penduduk melalui program keluarga
berencana (KB) dan peningkatan kualitas hidup SDM melalui pemberian ASI
ekslusif.
|
|||||
4.13.
|
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada
struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem reproduksi manusia
melalui berbagi bentuk media presentasi.
|
|||||
4.14.
|
Memecahkan masalah kepadatan penduduk dengan
menerapkan prinsip reproduksi manusia.
|
|||||
4.15.
|
Merencanakan dan melakukan kampanye tentang upaya
penanggulangan pertambahan penduduk dan peningkatan kualitas SDM melalui
program keluarga berencana (KB) dan pemberian ASI ekslusif dalam bentuk
poster dan spanduk.
|
Padang, 2016
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran Biologi
( Drs.
Taslim.S.Pd.M.Pd) ( Dr. Hj. Marlina. S.Pd. M.Pd)
NIP:19670220
1974 01
2001
NIP: 1301457 1995 11 2224
0 komentar:
Posting Komentar