Pages

Selasa, 17 Mei 2016

silabus kelas XI semester 2 KD.313 KB dan ASI



SILABUS SMA
Satuan Pendidikan
:
SMA N 1 LUBUK BASUNG
Mata Pelajaran
:
BIOLOGI
Kelas/ Semester
:
XI / 2
Kompetensi Inti
:



KI 1
:
1.  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3
:
3.  Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4
:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.









KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR
prinsip reproduksi manusia untuk menanggulangi pertambahan penduduk melalui program  keluarga   berencana (KB) dan peningkatan kualitas hidup SDM melalui pemberian ASI ekslusif.


1.1.

Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem, dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.

Menanggulangi kepadatan penduduk melalui KB dan peningkatan kualitas SDM dengan ASI ekslusif
·     Prinsip reproduksi
·     Konsep KB.
·     Alat kontrofersi
·     Konsep ASI.
·     Kelainan/penyakit yang terjadi.












Mengamati
·        Membaca teks tentang KB dan ASI dari berbagai sumber.

Menanya
·        Apa yang dimaksud dengan KB
·        Bagaimana hubungan KB dalam penerapan prinsip reproduksi
Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·     Diskusi kelas dengan gambar yang ditampilkan mengenai ibu hamil dan anak menyusui
·     Mengingat kembali proses reproduksi yang sudah dipelajari
·     Mengkaji literatur tentangKB dan ASI ekslusif dan mendiskusikannya dalam kelompok.
·     Mendiskusikan hubungan antara kesehatan reproduksi, program KB dan kependudukan.
·      Mengkaji literatur dari berbagai sumber tentang fertilisasi, gestasi dan persalinan dalam kelompok dan mengkomunikasikan dalam bentuk laporan tertulis/lisan.
·      Menggali informasi dari litertatur/petugas kesehatan, dll untuk  menemukan alasan pentingnya ASI pertama keluar bagi seorang bayi melalui tugas kelompok.
·      Menemukan penyebab kelainan/penyakit  yang terjadi  pada sistem reproduksi  dari  berbagai sumber  literatur/media  melalui penugasan individu.

Mengasosiasikan
·     Menyimpulkan hasil analisis tentang berbagai proses reproduksi dengan kesehatan diri dan masyarakat.

·     Menyimpulkan mengapa KB harus dilakukan dari hasil diskusi hubungan reproduksi dengan kependudukan.

Mengkomunikasikan
·      Menjelaskan secara lisan hubungan antara sistem reproduksi dengan pengendalian jumlah penduduk, kesehatan, dan kesejahteraan keluarga.

Tugas
·      Membuat poster kampanye penggunaan ASI EKSKLUSIVE dan Program KB. 
·      Program rencana pribadi tentang program masa depan tentang pandangannya terhadap pernikahan dini dan perilaku negatif yang berkaitan dengan reproduksi.

Observasi
·       Sikap dari penilaian diri dan metakognisi terhadap keksehatan reproduksi remaja.

Portofolio
·       Laporan kegiatan pengamatan dan presentasi kelas.
.
Tes
·      Tertulis essay yang menggambarkan pemahaman sistem reproduksi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari turut menyehatkan dan meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarga serta masyarakat.
·      Essay tentang pendapatnya terhadap perilaku negatif remaja dalam kaitannya dengan kesehatan diri dan masa depan siswa.


3 minggu x 4 JP

·      Buku siswa
·      Buku referensi berbagai sumber
·      gambar alat reproduksi  manusia,
·      gambar/film proses perkembangan janin
·      gambar/foto contoh-contoh alat kontrasepsi
·      gambar/foto contoh kelainan-kelainan dalam sistem reproduksi
·      LKS

1.2.
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.

1.3.
Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

2.1.
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

2.2.
Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.

3.13.

Menerapkan pemahaman tentang prinsip reproduksi manusia untuk menanggulangi pertambahan penduduk melalui program keluarga berencana (KB) dan peningkatan kualitas hidup SDM melalui pemberian ASI ekslusif.

4.13.
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem reproduksi manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.

4.14.
Memecahkan masalah kepadatan penduduk dengan menerapkan prinsip reproduksi manusia.

4.15.
Merencanakan dan melakukan kampanye tentang upaya penanggulangan pertambahan penduduk dan peningkatan kualitas SDM melalui program keluarga berencana (KB) dan pemberian ASI ekslusif dalam bentuk poster dan spanduk.

                                                                                                                 Padang,              2016
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Biologi


    ( Drs. Taslim.S.Pd.M.Pd)                                                          (    Dr. Hj. Marlina. S.Pd. M.Pd)        
     NIP:19670220 1974  01 2001                                                         NIP: 1301457 1995 11 2224

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About