Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan
Pendidikan : SMA N
1 LUBUK BASUNG
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester :
2/ Semester 2
Topik : KB dan ASI
Sub
Topik : Prinsip reproduksi
menanggulangi pertambahan penduduk melaluiKB
Peningkatan kualitas hidup SDM pemberian ASI
ekslusif
Alokasi waktu : 4x45 menit
A.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel,
jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses
yang
terjadi pada mahkluk hidup.
1.2 Menyadari
dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3 Peka dan
peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sebagai manisfestasi
pengamalan ajaran
agama
yang dianutnya.
2.1 Berperilaku
ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung
jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani
dan santun dalam mengajukan pertanyaan
dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai,
berpendapat secara ilmiah dan kritis,
responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan
pengamatan dan
percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar
kelas/laboratorium.
3.13 Menerapkan pemahaman tentang
prinsip reproduksi manusia untuk menanggulangi pertambahan penduduk melalui
program keluarga
berencana
(KB) dan peningkatan kualitas hidup SDM melalui pemberian ASI ekslusif.
B.
INDIKATOR PEMBELAJARAN
a.
Menjelaskan konsep KB
b.
Menjelaskan
hubungan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga
berencana (KB)
c.
Menjelaskan konsep ASI
d.
Mengaitkan pemberian
ASI ekslusif terhadap peningkatan kualitas hidup SDM
e.
Menjelaskan gangguan, kelainan, dan penyakit pada
sistem reproduksi
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
a.
Siswa mampu menjelaskan konsep KB, melalui studi
literatur dan penjelasan guru.
b.
Diberikan gambar, siswa mampu menjelaskan hubungan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada
keluarga berencana (KB)
c.
Siswa mampu menjelaskan konsep ASI, melalui studi
literatur dan penjelasan guru.
d.
Diberikan gambar, siswa mampu mengaitkan pemberian ASI ekslusif terhadap peningkatan
kualitas hidup SDM.
e.
Diberikan beberapa gambar dan penjelasan, siswa mampu
menjelaskan gangguan, kelainan, dan penyakit pada sistem reproduksi
D.
MATERI PEMBELAJARAN
a.
Konsep KB
b.
Hubungan alat
kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana (KB)
c.
Konsep ASI
d.
Keterkaitan pemberian ASI
ekslusif terhadap peningkatan kualitas hidup SDM
e.
Beberapa gangguan, kelainan, dan penyakit pada sistem
reproduksi
E.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : scintific
Metode : tanya jawab, diskusi, resitasi, dan ceramah
Model : kelompok investigation (GI), think pair share, Numbered
head together, Problem based learning
F.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media : charta, slide power point
Alat dan
bahan : proyektor, spidol, papan
tulis, buku tugas, alat tulis, poster, spanduk
Sumber belajar : buku siswa, LKS, LDS, bahan dari
internet.
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
-
Guru Membuka Pembelajaran.
-
Guru Mencek Kehadiran Siswa.
- Apersepsi: menanyakan kepada siswa mengenai
gambar yang ditampilkan
Gambar 1
Dari gambar tersebut dapat kita lihat ibu hamil yang
merupakan bentuk dari hasil fertilisasi antara sel sperma dan sel telur.
Seorang Ibu yang sedang dalam kondisi hamil harus mampu menjaga kehamilannya
dengan baik, agar bayi yang dikandungnya dapat dilahirkan dengan baik.
-
Guru Menyampaikan Tujuan Pembelajaran.
-
Guru menyampaikan sintaks dari model yang digunakan
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Perencanaan kooperatif
Penomoran
Mengajukan pertanyaan
Berfikir bersama
Menjawab
Evaluasi
Penilaian
|
- Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang
akan dilakukan peserta didik
-
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
dengan jumlah anggota kelompok 3 – 5 orang, dan setiap anggota kelompok
diberi nomor 1 sampai 5..
-
Guru mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan konsep
KB, dan penerapan prinsip reproduksi melalui KB serta alat kontrasepsi.
-
Para peserta didik setiap kelompok menyatukan
pendapatnya tentang pertanyaan yang diajukan guru
-
Guru memanggil satu nomor tertentu, kemudian peserta
didik yang nomornya sama mengacungkan tangannya dan mencoba untuk menjawab
pertanyaan untuk seluruh kelas.
-
Guru bersama peserta didik mengevaluasi konstribusi
kelompok terhadap kerja kelas secara keseluruhan yang membahas aspek yang
berbeda dari topik yang sama.
-
Guru memberikan penilaian kepada individu atau
kelompok
|
70 menit
|
Penutup
|
Menyimpulkan
reward
|
-
Guru bersama peserta didik menyimpulkan konsep KB, dan penerapan
prinsip reproduksi melalui KB serta alat
kontrasepsi.
-
Guru memberikan reward pada kelompok yang memiliki point
tertinggi.
-
Guru memberikan tugas untuk membaca mengenai proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana dan gangguan, kelainan, serta
penyakit pada sistem reproduksi dan membaca materi tentang ASI ekslusif
-
Guru menutup pembelajaran dengan bersyukur
bersama.
|
10 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
-
Guru Membuka Pembelajaran.
-
Guru Mencek Kehadiran Siswa.
-
Mengkondisikan kelas dan pembiasaan
-
Apersepsi: memberikan pertanyaan mengenai gambar
Gambar 1
Gambar 2
Dari dua
gambar tersebut, manakah menurut ananda yang baik bagi pertumbuhan dan
perkembangan bayi? Apa alasan ananda?
-
Guru Menyampaikan Tujuan Pembelajaran.
-
Guru menyampaikan sintaks dari model yang digunakan
|
-
|
Kegiatan Inti
|
Perencanaan kooperatif
Implementasi
Analisis dan sintesis
Evaluasi
Penilaian
|
- Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang
akan dilakukan peserta didik dan menyampaikan materi
- Guru mendemonstrasikan keterampilan dengan benar,
atau menyajikan informasi tahap demi tahap.
- Guru merencanakan dan memberi bimbingan pelatihan
awal
- Guru mengecek apakah peserta didik
telah berhasil melakukan tugas dengan baik, dan memberi umpan balik.
-
Guru mempersiapkan kesempatan melakukan pelatihan
lanjutan, dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi yang lebih
kompleks dan kehidupan sehari – hari.
-
Guru bersama peserta didik mengevaluasi konstribusi
kelompok terhadap kerja kelas secara keseluruhan yang membahas aspek yang
berbeda dari topik yang sama.
-
Guru memberikan penilaian kepada individu atau
kelompok
|
|
Penutup
|
Menyimpulkan
reward
|
-
Guru bersama peserta didik menyimpulkan konsep ASI,
pengaruh pemberian ASI ekslusif terhadap peningkatan kualitas hidup
SDM dan
penyakit sistem reproduksi
-
Guru memberikan reward pada kelompok yang memiliki point
tertinggi.
-
Guru memberikan tugas untuk meringkas gangguan, kelainan, serta penyakit pada
sistem reproduksi selain yang sudah dipelajari
-
Guru menutup pembelajaran dengan bersyukur
bersama.
|
-
|
A. Penilaian
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
Sikap
|
Lembar pengamatan
sikap
|
Tes Unjuk keaktifan
|
Tes penilaian keaktifan
saat diskusi
|
Tes tertulis
|
Soal Essay dan
pilihan ganda
|
Contoh Instrumen
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Materi : ASI DAN KB
Kelas/Semester :
XI/II
Hari/Tanggal :
....................
No.
|
Nama
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Tanggungjawab
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
dst
|
Rubrik Penilaian
sikap:
a. 1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
b. 2 = jika peserta didik kurang konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
c. 3 = jika peserta didik mulai konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
d. 4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan
perilaku yang tertera dalam indikator
e. 5 = jika peserta didik selalu konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
FORMAT PENILAIAN
Nilai : Jumlah
Skor X 100
24
INSTRUMEN
PENILAIAN DISKUSI
Hasil Penilaian Diskusi
Topik : ……………………………..…………..
Tanggal : ……………………………………….
Jumlah Siswa : …………….……… orang
No
|
Nama siswa
|
Menyampaikan pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahankan argumentasi
|
Jumlah score
|
Nilai
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
Rubrik :
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menyampaikan pendapat
|
1. Tidak sesuai masalah
2. Sesuai dengan masalah, tapi belum benar.
3. Sesuai dengan masalah dan benar
|
2
|
Menanggapi pendapat
|
1. Langsung setuju atau menyanggah
tanpa alasan
2.Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna
3. Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar
4. Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar dengan didukung referensi.
|
3
|
Mempertahankan pendapat
|
1. Tidak dapat mempertahankan pendapat
2. Mampu Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3. Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4. Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi
|
Mengetahui Padang, 04 April 2016
Kepala
sekolah SMAN 1 Lubuk Basung Guru
Mata Pelajaran Biologi
Drs. Taslim. M.Pd . Dra.Hj.Marlina.
S.pd. gr.M.pd
NIP
: 1975208021234 NIP : 199511222013
terimakasih banyak
BalasHapusanjaazzzzzz
BalasHapusHow do you make money by making money by playing
BalasHapuswhich also allows us to make money 바카라 사이트 from gambling and betting choegocasino on sports. In addition to หารายได้เสริม playing basketball, it's free and easy to win