Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan
Pendidikan : SMA N
1 LUBUK BASUNG
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester :
1/ Semester 1
Topik : Sel
Sub
Topik : Organel-organel sel.
Alokasi waktu : 45 menit
A. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel,
jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup.
2.1 Berprilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur, sesuai data
dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen,
berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan beragumentasi, peduli
lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah
dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan
pengamatan dan percobaan di dalam kelas/ laboratorium maupun diluar
kelas/laboratorium.
3.1 Memahami tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri
hidup pada sel yang ditunjukan oleh struktur, fungsi dan proses yang
berlangsung didalam sel sebagai unit
terkecil kehidupan.
4.1 Menyajikan
model/charta/gambar/yang merepresentasikan pemahamannya tentang struktur dan
fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
B. INDIKATOR
1. Mendeskripsikan
organel-organel penyusun sel sebagai unit terkecil makhluk hidup.
2. Membandingkan
antara sel hewan dan sel tumbuhan.
3. Menyimpulkan
perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan.
4. Menunjukkan
organel- organel sel pada sel tumbuhan
dan sel hewan.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat mendeskripsikan organel-organel penyusun sel sebagai unit terkecil
makhluk hidup melalui diskusi.
2. Siswa
dapat membandingkan antara sel hewan dan sel tumbuhan melalui literatur
belajar.
3. Siswa
dapat menyimpulkan perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan.
4. Siswa
dapat menunjukkan organel-organel sel tumbuhan dan sel hewan melalui diskusi.
D. MATERI
1.
Organel-organel
yang dimiliki sel hewan yang dibedakan dari sel tumbuhan:
Sentriol,
mensintesis mikrotubul silia dan flagel, dapat menghasilkan gelondong)spindel)
pada sel hewan. Silia
dan flagelata, menggerakan sel pada cairan atau menggerakan cairan melewati
permukaan sel.
2. Organel-organel
yang dimiliki sel tumbuhan
yang dibedakan dari sel hewan.
Dinding
sel, kloroplas dan vakuola.
E.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN.
1. Pendekatan
: Scientific
2. Metode
: Diskusi dan Praktikum
3.
Model : Kooperatif : Student
Teams Achievement Division ( STAD)
F.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN.
1. Media
- Gambar
- Torso sel hewan
2. Alat
dan bahan
-alat tulis
3. Sumber belajar
Bahan ajar mengenai sel.
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Model STAD
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
-
Guru Membuka Pembelajaran.
-
Guru Mencek Kehadiran Siswa.
-
Guru Menyampaikan Tujuan Pembelajaran.
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pretest
Menyajikan materi secara verbal
Membentuk kelompok belajar.
presentasi
|
-
Guru memberikan soal pretest tentang; apa itu sel ?
struktur
penyusun sel?
-
Guru menanyakan pertanyaan dasar mengenai gambar
yang ditayangkan.
-
Guru menyampaikan materi pembelajaran secara
ringkas.
-
Guru mengorganisasi siswa untuk membentuk kelompok
belajar, setiap kelompok terdiri dari 3-4 siswa.
-
Siswa dalam kelompok saling bekerja sama dalam
diskusi.
-
Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
|
30 menit
|
Penutup
|
Postest
|
-
Guru memberikan penguatan terhadap apa yang
disampaikan siswa.
-
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian,
tepuk tangan atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja
keras.
-
Guru menyimpulkan pembelajaran.
-
Guru memberikan kuis tentang materi yang telah di
diskusikan.
-
Pemberian
tugas untuk mempelajari materi selanjutnya.
-
Guru menutup pembelajaran.
|
10 menit
|
H. Penilaian
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
Sikap
|
Lembar pengamatan
sikap
|
Tes Unjuk kerja
|
Tes penilaian kinerja
praktikum
|
Tes tertulis
|
Pilihan Ganda atau
objektif
|
Mengetahui
Padang, 04 April 2016
Kepala
sekolah SMAN 1 Lubuk Basung Guru
Mata Pelajaran Biologi
Drs. Taslim. M.Pd . Dra.Hj.Marlina.
S.pd. gr.M.pd
NIP
: 1975208021234 NIP : 199511222013
0 komentar:
Posting Komentar