Pages

Minggu, 15 Mei 2016

RPP RUANG LINGKUP BIOLOGI SESUAI KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMA
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1
Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit
Materi pokok             : Ruang Lingkup Biologi
Kompetensi Inti         :
       KI 1.  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
       KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
                (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif
dan
                menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
                berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam                      
                menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
       KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural     
           Berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
           dan  humaniora dengan wawasan
kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan  
           peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
           prosedural pada
bidang  kajian  yang spesifik sesuai dengan bakat   dan minatnya
           untuk memecahkan masalah

Kompetensi Dasar
1.1.Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2.Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3.Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
3.1.Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menjelaskan definisi biologi.
2.      Menjelaskan ruang lingkup biologi.
3.      Menjelaskan kedudukan biologi di antara ilmu pengetahuan lain.
4.      Menjelaskan cabang-cabang ilmu dalam biologi.
5.      Menjelaskan manfaat mempelajari biologi dalam kehidupan sehari-hari.      

Tujuan Pembelajaran
Setelah pelaksanaan PBM, siswa diharapkan mampu:
1.      Menjelaskan definisi biologi secara benar dan tepat.
2.      Menjelaskan ruang lingkup biologi dengan benar.
3.      Menjelaskan kedudukan biologi di antara ilmu pengetahuan lain secara tepat.
4.      Menjelaskan cabang-cabang ilmu dalam biologi dengan benar.
5.      Menjelaskan manfaat mempelajari biologi dalam kehidupan sehari-hari.      
Materi Ajar
1.      Pengertian biologi sebagai ilmu
2.      Ruang lingkup biologi
3.      Cabang-cabang Biologi
4.      Manfaat mempelajari Biologi
a.       Bidang Pertanian
b.      Bidang Industri
c.       Bidang Kedokteran dan Kesehatan
d.      Bidang Peternakan dan perikanan
e.       Bidang farmasi
Model Pembelajaran
             1.  Pendekatan                       : Sainstific
             2. Metode Pembelajaran        : Problem Base Learning (PBL)
1.      Survay
2.      Diskusi
3.      Presentasi
4.      Tanya-jawab
5.      Penugasan

Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
-          Buku teks
-          LKPD
-          Slide Power Point
-          Gambar/video tentang virus
2.      Alat
-          Komputer
-          Software komputer
-          Projector
-          Layar
3.      Sumber Pembelajaran
Anshori, Moch. 2009. Biologi 1 untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)-Madrasah
             
Aliyah (MA) Kelas X
. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
                 Aryulina, Diah, dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk Kelas I. Jakarta: ESIS.
                 Nurhayati, Nunung. 2007. Biologi Bilingual Untuk SMA/MA Kelas X Semester 1
                               dan 2. Bandung: Yrama Widya
      Suwarno. 2009. Panduan Pembelajaran Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta:
                  
Pusat Perbukuan Depdiknas.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Guru
Kegiata Siswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Mengucapkan salam dan mengajak siswa untuk berdo’a
Menjawab salam dan berdo’a
10 menit
Mengecek kehadiran siswa
Mendengarkan guru dan mengacungkan jari tangan tanda kehadiran.

menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa
Menjawab pertanyaan guru mengenai beberapa benda yang biasa di jumpai

meminta siswa mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan tak hidup.

Mengidentifikasi benda yang tergolong makhluk hidup dan tak hidup.


Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok

Mendengarkan pembagian kelompok yang disampaikan oleh guru

Kegiatan inti
Menginstruksikan siswa untuk melakukan study literatur tentang cabang-cabang biologi, obyek biologi, permasalahan biologi, manfaat ilmu biologi dalam kehidupan dan profesi yang berbasis biologi
Melakukan study literatur tentang cabang-cabang biologi, obyek biologi, permasalahan biologi, manfaat ilmu biologi dalam kehidupan dan profesi yang berbasis biologi
 70 menit
Menginstruksikan siswa untuk duduk berkelompok dan mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang ruang lingkup biologi, cabang-cabang biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja untuk membentuk/memperbaiki pemahaman tentang ruang lingkup biologi.
Duduk berkelompok dan mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang ruang lingkup biologi, cabang-cabang biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja untuk membentuk/memperbaiki pemahaman tentang ruang lingkup biologi.

Memandu siswa untuk melakukan presetasi, bertanya dan memberi tanggapan untuk hasil diskusi kelompok
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok, bertanya dan memberikan tanggapan.

Membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil pembelajaran.
Menyimpulkan hasil pembelajaran.

Memberikan siswa kesempatan untuk bertanya dan menegaskan kesimpulan dari pembelajaran
Bertanya jika ada materi yang belum di pahami dan mendengarkan kesimpulan pembelajaran dari guru.

Penutup
Menugaskan siswa untuk membaca materi pelajaran berikutnya.
Mendengarkan tugas yang diberikan oleh guru.
10 menit
Menutup pembelajaran dan mengajak siswa untuk berdo’a (mengucapkan syukur).
Berdo’a (mengucapkan syukur).


H.    Penilaian Hasil Belajar
1.      Jenis/Teknik Penilaian
·         Portofolio
·         Observasi sikap
·         Performance
·         Tes tertulis
·         Lembar Penilaian antar teman
2.      Instrumen Penilaian
·         Instrumen Penilaian Portofolio
·         Instrumen Penilaian Sikap
·         Instrumen Penilaian Diskusi
·         Instrumen Penilaian Tes Tertulis
                                                           
Mengetahui,                                        Padang,  Desember 2014
                                                              

                                  Kepala Sekolah                                            Guru Mata Pelajaran



Materi Ajar   
                                                Ruang Lingkup Biologi
1. Pengertian biologi sebagai ilmu
Biologi berasal dari kata “bios” (hidup) dan “logos” (ilmu). Jadi, Biologi adalah ilmu yang mengkaji dan mempelajari tentang seluk beluk mahluk hidup. Biologi merupakan bidang ilmu yang luas, bagian dari IPA serta berkaitan dengan ilmu-ilmu yang lain contohnya fisika, kimia, geografi
2. Ruang lingkup biologi
Berdasarkan struktur keilmuan menurut BSCS (Biological Science Curricullum Study, Mayer 1980) bahwa ruang lingkup biologi meliputi obyek biologi berupa:
1.      Kingdom animalia
2.      Kingdom plantae
3.      Kingdom fungi
4.      Kingdom protista
5.      Kingdom eubacteria
6.      Kingdom archaebacteria
Pembahasan permasalahan biologi meliputi 9 tema dasar yaitu:
2.      Biologi (sains) sebagai proses inkuiri
3.      Sejarah konsep biologi
4.      Evolusi
5.      Keanekaragaman dan keseragaman
6.      Genetika dan kelangsungan hidup
7.      Organisme dan lingkungan
8.      Perilaku
9.      Struktur dan fungsi
10.  Regulasi
Ditinjau tingkat organisasi kehidupan, pembahasan biologi dimulai dari:
1.      Molekul (virus)
2.      Sel (protozoa, bakteri dan tumbuhan uniseluler)
3.      Jaringan (porifera & coelenterata)
4.      Organ (hati, ginjal, dll)
5.      Sistem organ (sistem sirkulasi, sistem transportasi, dll)
6.      Individu (manusia)
7.      Populasi (kumpulan individu yang sama di daerah yang sama)
8.      Komunitas (kumpulan beberapa populasi)
9.      Ekosistem (kumpulan beberapa komunitas dengan lingkungan abiotiknya)
10.  Bioma (ekosistem dalam skala yang luas)
11.  Biosfer (kumpulan seluruh bioma dipermukaan bumi).

3. Cabang-cabang Biologi
Karena ruang lingkup yang luas maka ilmu biologi berkembang membentuk cabang-cabang ilmu biologi berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yaitu: tingkat organisasi kehidupan, kelompok organisme, aspek kehidupan atau kaitannya dengan ilmu lain (sebagai ilmu campuran, terapan).
Contoh cabang biologi antara lain:
1.      Taksonomi (mempelajari pengelompokan organisme berdasarkan persamaan dan perbedaan)
2.      Virologi (mempelajari virus)
3.      Mikrobiologi (mempelajari mikroorganisme)
4.      Mikologi (mempelajari jamur, ragi dan kapang)
5.      Botani (mempelajari  tumbuhan):
6.      pteridologi (paku),
7.      bryologi (lumut).
8.      Zoologi (hewan):
9.      entomologi (serangga),
10.  iktiologi (ikan),
11.  herpetologi (reptil dan amfibi),
12.  ornitologi (unggas/burung), mamologi (mamalia)
Contoh cabang biologi yang lain :
1.      Sitologi
2.      Histologi
3.      Morfologi
4.      Anatomi
5.      Genetika
6.      Fisiologi
7.      Taksonomi
8.      Ekologi
9.      Evolusi

4. Manfaat mempelajari Biologi
Ilmu biologi memiliki banyak manfaat, diantaranya:
a.       Bidang Pertanian
1.      Penemuan bibit unggul dan pola pemupukkan yang sesuai dapat meningkatkan produksi pertanian.
2.      Melalui rekayasa genetika dapat diciptakan jenis tanaman budidaya yang mampu menghasilkan insektisida sendiri (apel, pir, kol,brokoli, kentang), buah-buahan tanpa biji (semangka, pepaya, jeruk, anggur).
3.      Melalui teknik kultur jaringan tanaman unggul dapat dibudidayakan/diperbanyak dalam waktu yang singkat.(kelapa sawit, anggrek, pisang, wortel).

b.      Bidang Industri
1.      Pemanfaatan beberapa jenis mikroorganisme dalam industri makanan, sehingga makanan yang dihasilkan bersifat tahan lama, memiliki rasa yang disukai, serta memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Contoh: nata de coco, roti, keju, tempe, tape, kecap, anggur.
2.      Penemuan serat sutra alam atau kapas yang mampu memproduksi sandang

c.       Bidang Kedokteran dan Kesehatan
1.      Ditemukan metode transplantasi (pencangkokan) organ bagi seseorang yang mengalami kerusakan atau disfungsi organ tubuhnya.
2.      Dengan dipelajarinya berbagai macam virus (virologi) membantu manusia untuk menciptakan berbagai macam vaksin dari virus itu sendiri.
3.      Penemuan teknik bayi tabung membantu masalah pasutri yang tidak memiliki keturunan
4.      Mikrobiologi kedokteran telah berhasil menemukan berbagai macam antibiotik untuk berbagai macam bakteri penyebab penyakit.


d.      Bidang Peternakan dan perikanan
1.      Dengan adanya ilmu anatomi dan fisiologi hewan ditemukan teknik inseminasi (kawin suntik) yang bertujuan untuk mendapatkan hewan ternak dengan kualitas yang baik serta produksi yang meningkat.
2.      Teknik vertilisasi in vitro . Embrio ternak yang unggul dihasilkan di luar uterus dalam jumlah tertentu, dan disimpan dalam jangka waktu tertentu pada nitrogen cair dengan suhu 196oC, kemudian dapat diimplantasikan ke induk betina tidak unggul dari spesies yang sama dengan demikian akan cepat diperoleh banyak ternak unggul.
3.      Pembuatan makanan ternak yang baik dan mampu mengoptimalkan produksi ternak

e.       Bidang farmasi
1.      Penemuan berbagai obat untuk penyakit.
2.      Inventarisasi hewan dan tumbuhan sebagai obat-obatan.

A.      Lembar Penilaian
a.       Penilaian Afektif
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 2014/2015
Waktu Pengamatan     :
Indikator sikap dalam pembelajaran :
1.      Antusia
2.      Bertanya
3.      Menjawab
4.      sopan
Indikator dalam kegiatan kelompok.
5.      Bekerjasama
6.      Menghargai  pendapat orang lain
Indikator sikap dalam proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
7.      Jujur
8.      Tanggung jawab
9.      toleran
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1










2










3










4










5










….










32










Ket:
ü  : Melakukan
-          : Tidak melakukan        





Penilaian Afektif (diisi oleh guru)
No. 
Kriteria Penilaian 
Nilai 
Paraf Guru 
1. 
Kedisiplinan 

2. 
Ketelitian 

3. 
Kerapian 

4. 
Kebersihan 

5. 
Kerjasama dalam kelompok 


Rata- rata

b. Penilaian Kognitif : Tes tulisan            
c. Penilaian Psikomotor
Penilaian Psikomotor (diisi oleh guru)
No. 
Kriteria Penilaian 
Nilai 
Paraf Guru 
1. 
Bekerja sesuai prosedur 


2. 
Kemampuan mengidentifikasi objek 

3. 
Ketepatan hasil 

4. 
Kemampuan mencatat data 

5. 
Kemampuan menganalisis data

6. 
Kemampuan menarik kesimpulan 


Rata- rata 


LKPD.   RUANG LINGKUP BIOLOGI
 

Judul                           : Ruang Lingkup Biologi
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/semester            :  X/1
Waktu                         : 45 menit
Kompetensi Dasar       : Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada
                                     
berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), 
                                     
metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan
                                     
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan                        
1.   Menjelaskan definisi biologi secara benar dan tepat.
2.      Menjelaskan ruang lingkup biologi dengan benar.
3.      Menjelaskan kedudukan biologi di antara ilmu pengetahuan lain secara tepat.
4.      Menjelaskan cabang-cabang ilmu dalam biologi dengan benar.

Langkah Kegiatan
1.    Bacalah dengan cermat bahan ajar tentang virus
2.    Jawablah pertanyaan yang ada pada LKPD dengan benar dan singkat
3.    Diskusikan jawaban dengan anggota kelompokmu
4.    Setelah yakin, tuliskan jawaban tersebut pada lembar yang sudah disediakan.

      1.      Apa yang dimaksud dengan ilmu biologi?





2.      Jelaskan ruang lingkup biologi yang makin meluas bagi ilmu biologi!







3.      Sebutkan 5 cabang ilmu biologi beserta pengertiannya?







4.      Jelaskan kedudukan ilmu biologi dengan ilmu yang lain!






5.      Jelaskan keterkaitan ilmu biologi dengan ilmu yang lain!







Nama/Kelompok _______________________ Kelas: _________ Tgl: _______________

KUNCI LKPD : RUANG LINGKUP BIOLOGI
1.      Apa yang dimaksud dengan ilmu biologi?

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan proses kehidupannya

2.      Jelaskan ruang lingkup biologi yang makin meluas bagi ilmu biologi!

Ruang lingkup biologi yang makin meluas, menuntut pengkhusussan kajian ilmu biologi oleh para ahli. Sehingga, adanya pengkhususan kajian ini menghasilkan berbagai cabang ilmu biologi.

3.      Sebutkan 5 cabang ilmu biologi beserta pengertiannya?

Peserta didik menjawab lima cabang biologi.
No
Cabang Biologi
Pengertian
1
Morfologi
Ilmu yang mempelajari tentang susunan tubuh makhluk hidup
 bagian luar
2
Anatomi
Ilmu yang mempelajari tentang susunan tubuh makhluk hidup
 bagian dalam
3
Taksonomi
Ilmu yang mempelajari tentang pengelompokkan makhluk hidup
4
Histologi
Ilmu yang mempelajari tentang jaringan tubuh makhluk hidup
5
Fisiologi
Ilmu yang mempelajari tentang fungsi alat tubuh makhluk hidup
7
Mikologi
Ilmu yang mempelajari  segala sesuatu tentang kehidupan jamur
8
Botani
Ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang kehidupan
tumbuhan
9
Entomologi
Ilmu yang mempelajari tentang serangga
10
Genetika
Ilmu yang mempelajari tentang sifat menurun dan cara
 pewarisan sifat
11
Mikrobiologi
Ilmu yang mempelajari tentang kehidupan jasad renik
12
Parasitologi
Ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu kehidupan
makhluk hidup parasit
13
Patologi
Ilmu yang mempelajari tentang gejala dan penyebab penyakit
14
Sitologi
Ilmu yang mempelajari tentang struktur dan fungsi sel tubuh makhluk hidup
15
Virologi
Ilmu yang mempelajari tentang virus
16
Zoologi
Ilmu yang mempelajari tentang kehidupan hewan
17
Embriologi
Ilmu yang mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan embrio
18
Zoogeografi
Ilmu yang mempelajari tentang penyebaran hewan di muka bumi
19
Ekologi
Ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan tempat hidupnya
20
Palaentologi
Ilmu yang mempelajari tentang fosil dan penyebarannya dari
 waktu ke waktu

4.      Jelaskan kedudukan ilmu biologi dengan ilmu yang lain!
Ilmu biologi merupakan salah satu cabang dari sains. Biologi mempunyai kedudukan yang sangat penting karena merupakan ilmu yang mendasari berbagai ilmu terapan yang lain.

5.      Jelaskan keterkaitan ilmu biologi dengan ilmu yang lain!
Ilmu biologi terkait dengan ilmu yang lain. Perkembangan Biologi didukung oleh perkembangan ilmu-ilmu tersebut, begitu juga sebaliknya. Contohnya: Biologi dapat berkembang pesat dengan adanya penemuan alat-alat yang bekerja berdasarkan prinsip Fisika.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About