RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Materi
pokok : Ruang Lingkup Biologi
Kompetensi
Inti :
KI 1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
Berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
Berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
Kompetensi
Dasar
1.1.Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman
hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2.Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati
bioproses.
1.3.Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
3.1.Memahami
tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan
tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menjelaskan definisi
biologi.
2.
Menjelaskan ruang
lingkup biologi.
3.
Menjelaskan kedudukan
biologi di antara ilmu pengetahuan lain.
4.
Menjelaskan cabang-cabang
ilmu dalam biologi.
5.
Menjelaskan manfaat
mempelajari biologi dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran
Setelah pelaksanaan PBM, siswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan definisi biologi
secara benar dan tepat.
2. Menjelaskan ruang lingkup biologi dengan benar.
3. Menjelaskan
kedudukan biologi di antara ilmu pengetahuan lain secara tepat.
4. Menjelaskan
cabang-cabang ilmu dalam biologi dengan benar.
5. Menjelaskan
manfaat mempelajari biologi dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Ajar
1.
Pengertian biologi
sebagai ilmu
2.
Ruang lingkup
biologi
3.
Cabang-cabang Biologi
4.
Manfaat mempelajari Biologi
a. Bidang Pertanian
b. Bidang Industri
c. Bidang Kedokteran dan
Kesehatan
d. Bidang Peternakan dan
perikanan
e. Bidang farmasi
Model Pembelajaran
1. Pendekatan
: Sainstific
2. Metode Pembelajaran : Problem Base Learning (PBL)
1.
Survay
2.
Diskusi
3.
Presentasi
4.
Tanya-jawab
5.
Penugasan
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
-
Buku teks
-
LKPD
-
Slide Power Point
-
Gambar/video tentang
virus
2.
Alat
-
Komputer
-
Software komputer
-
Projector
-
Layar
3.
Sumber Pembelajaran
Anshori, Moch. 2009. Biologi 1 untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)-Madrasah
Aliyah (MA) Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Aliyah (MA) Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Aryulina, Diah, dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk Kelas I. Jakarta: ESIS.
Nurhayati, Nunung. 2007. Biologi Bilingual Untuk SMA/MA Kelas X Semester 1
dan 2. Bandung: Yrama
Widya
Suwarno. 2009. Panduan Pembelajaran Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta:
Pusat Perbukuan Depdiknas.
Pusat Perbukuan Depdiknas.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan Guru
|
Kegiata Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Mengucapkan
salam dan mengajak siswa untuk berdo’a
|
Menjawab salam
dan berdo’a
|
10 menit
|
Mengecek kehadiran
siswa
|
Mendengarkan
guru dan mengacungkan jari tangan tanda kehadiran.
|
||
menanyakan
kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa
|
Menjawab
pertanyaan guru mengenai beberapa benda yang biasa di jumpai
|
||
meminta siswa mengidentifikasi
benda yang termasuk makhluk hidup dan tak hidup.
|
Mengidentifikasi
benda yang tergolong makhluk hidup dan tak hidup.
|
||
Membagi siswa
ke dalam beberapa kelompok
|
Mendengarkan
pembagian kelompok yang disampaikan oleh guru
|
||
Kegiatan inti
|
Menginstruksikan
siswa untuk melakukan study literatur tentang cabang-cabang biologi, obyek
biologi, permasalahan biologi, manfaat ilmu biologi dalam kehidupan dan profesi yang berbasis biologi
|
Melakukan
study literatur tentang cabang-cabang biologi, obyek biologi, permasalahan
biologi, manfaat ilmu
biologi dalam kehidupan dan profesi yang berbasis biologi
|
70 menit
|
Menginstruksikan
siswa untuk duduk berkelompok dan mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan
tentang ruang lingkup biologi, cabang-cabang biologi, kerja ilmiah dan
keselamatan kerja untuk membentuk/memperbaiki pemahaman tentang ruang lingkup
biologi.
|
Duduk
berkelompok dan mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang ruang lingkup
biologi, cabang-cabang biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja untuk
membentuk/memperbaiki pemahaman tentang ruang lingkup biologi.
|
||
Memandu siswa
untuk melakukan presetasi, bertanya dan memberi tanggapan untuk hasil diskusi
kelompok
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok, bertanya dan memberikan tanggapan.
|
||
Membimbing
siswa untuk menyimpulkan hasil pembelajaran.
|
Menyimpulkan
hasil pembelajaran.
|
||
Memberikan
siswa kesempatan untuk bertanya dan menegaskan kesimpulan dari pembelajaran
|
Bertanya jika
ada materi yang belum di pahami dan mendengarkan kesimpulan pembelajaran dari
guru.
|
||
Penutup
|
Menugaskan
siswa untuk membaca materi pelajaran berikutnya.
|
Mendengarkan
tugas yang diberikan oleh guru.
|
10 menit
|
Menutup
pembelajaran dan mengajak siswa untuk berdo’a (mengucapkan syukur).
|
Berdo’a
(mengucapkan syukur).
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Jenis/Teknik Penilaian
·
Portofolio
·
Observasi sikap
·
Performance
·
Tes tertulis
·
Lembar Penilaian antar
teman
2.
Instrumen Penilaian
·
Instrumen Penilaian
Portofolio
·
Instrumen Penilaian
Sikap
·
Instrumen Penilaian
Diskusi
·
Instrumen Penilaian Tes
Tertulis
Mengetahui, Padang, Desember 2014
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Materi Ajar
Ruang Lingkup Biologi
Ruang Lingkup Biologi
1. Pengertian biologi sebagai ilmu
Biologi
berasal dari kata “bios” (hidup) dan “logos” (ilmu). Jadi, Biologi adalah ilmu yang
mengkaji dan mempelajari tentang seluk beluk mahluk hidup. Biologi merupakan
bidang ilmu yang luas, bagian dari IPA serta berkaitan dengan ilmu-ilmu yang
lain contohnya fisika, kimia, geografi
2. Ruang lingkup biologi
Berdasarkan
struktur keilmuan menurut BSCS (Biological Science Curricullum Study, Mayer
1980) bahwa ruang lingkup biologi meliputi obyek biologi berupa:
1. Kingdom animalia
2. Kingdom plantae
3. Kingdom fungi
4. Kingdom protista
5. Kingdom eubacteria
6. Kingdom archaebacteria
Pembahasan permasalahan biologi meliputi 9 tema dasar yaitu:
2. Biologi (sains) sebagai proses
inkuiri
3. Sejarah konsep biologi
4. Evolusi
5. Keanekaragaman dan keseragaman
6. Genetika dan kelangsungan hidup
7. Organisme dan lingkungan
8. Perilaku
9. Struktur dan fungsi
10. Regulasi
Ditinjau tingkat organisasi kehidupan, pembahasan biologi dimulai dari:
1. Molekul (virus)
2. Sel (protozoa, bakteri dan tumbuhan uniseluler)
3. Jaringan (porifera & coelenterata)
4. Organ (hati, ginjal, dll)
5. Sistem organ (sistem sirkulasi, sistem transportasi,
dll)
6. Individu (manusia)
7. Populasi (kumpulan individu yang sama di daerah yang
sama)
8. Komunitas (kumpulan beberapa populasi)
9. Ekosistem (kumpulan beberapa komunitas dengan
lingkungan abiotiknya)
10. Bioma (ekosistem dalam skala yang luas)
11. Biosfer (kumpulan seluruh bioma dipermukaan bumi).
3. Cabang-cabang
Biologi
Karena
ruang lingkup yang luas maka ilmu biologi berkembang membentuk cabang-cabang
ilmu biologi berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yaitu: tingkat organisasi
kehidupan, kelompok organisme, aspek kehidupan atau kaitannya dengan ilmu lain
(sebagai ilmu campuran, terapan).
Contoh
cabang biologi antara lain:
1. Taksonomi (mempelajari pengelompokan organisme berdasarkan
persamaan dan perbedaan)
2. Virologi (mempelajari virus)
3. Mikrobiologi (mempelajari mikroorganisme)
4. Mikologi (mempelajari jamur, ragi dan kapang)
5. Botani (mempelajari tumbuhan):
6. pteridologi (paku),
7. bryologi (lumut).
8. Zoologi (hewan):
9. entomologi (serangga),
10. iktiologi (ikan),
11. herpetologi (reptil dan amfibi),
12. ornitologi (unggas/burung), mamologi (mamalia)
Contoh
cabang biologi yang lain :
1. Sitologi
2. Histologi
3. Morfologi
4. Anatomi
5. Genetika
6. Fisiologi
7. Taksonomi
8. Ekologi
9. Evolusi
4. Manfaat mempelajari Biologi
Ilmu
biologi memiliki banyak manfaat, diantaranya:
a. Bidang Pertanian
1. Penemuan bibit unggul dan pola pemupukkan yang sesuai
dapat meningkatkan produksi pertanian.
2. Melalui rekayasa genetika dapat diciptakan jenis
tanaman budidaya yang mampu menghasilkan insektisida sendiri (apel, pir,
kol,brokoli, kentang), buah-buahan tanpa biji (semangka, pepaya, jeruk, anggur).
3. Melalui teknik kultur jaringan tanaman unggul dapat
dibudidayakan/diperbanyak dalam waktu yang singkat.(kelapa sawit, anggrek,
pisang, wortel).
b. Bidang Industri
1. Pemanfaatan beberapa jenis mikroorganisme dalam
industri makanan, sehingga makanan yang dihasilkan bersifat tahan lama,
memiliki rasa yang disukai, serta memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Contoh:
nata de coco, roti, keju, tempe, tape, kecap, anggur.
2. Penemuan serat sutra alam atau kapas yang mampu
memproduksi sandang
c. Bidang Kedokteran dan
Kesehatan
1. Ditemukan metode transplantasi (pencangkokan) organ
bagi seseorang yang mengalami kerusakan atau disfungsi organ tubuhnya.
2. Dengan dipelajarinya berbagai macam virus (virologi)
membantu manusia untuk menciptakan berbagai macam vaksin dari virus itu sendiri.
3. Penemuan teknik bayi tabung membantu masalah pasutri
yang tidak memiliki keturunan
4. Mikrobiologi kedokteran telah berhasil menemukan
berbagai macam antibiotik untuk berbagai macam bakteri penyebab penyakit.
d. Bidang Peternakan dan
perikanan
1. Dengan adanya ilmu anatomi dan fisiologi hewan
ditemukan teknik inseminasi (kawin suntik) yang bertujuan untuk
mendapatkan hewan ternak dengan kualitas yang baik serta produksi yang
meningkat.
2. Teknik vertilisasi in vitro . Embrio ternak
yang unggul dihasilkan di luar uterus dalam jumlah tertentu, dan disimpan dalam
jangka waktu tertentu pada nitrogen cair dengan suhu 196oC, kemudian dapat
diimplantasikan ke induk betina tidak unggul dari spesies yang sama dengan
demikian akan cepat diperoleh banyak ternak unggul.
3. Pembuatan makanan ternak yang baik dan mampu
mengoptimalkan produksi ternak
e. Bidang farmasi
1. Penemuan berbagai obat untuk penyakit.
2. Inventarisasi hewan dan tumbuhan sebagai obat-obatan.
A.
Lembar Penilaian
a. Penilaian Afektif
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan :
Indikator sikap dalam pembelajaran :
1.
Antusia
2. Bertanya
3. Menjawab
4.
sopan
Indikator dalam kegiatan kelompok.
5.
Bekerjasama
6.
Menghargai pendapat orang lain
Indikator sikap
dalam proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
7.
Jujur
8.
Tanggung jawab
9.
toleran
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
….
|
||||||||||
32
|
Ket:
ü :
Melakukan
-
: Tidak melakukan
Penilaian Afektif (diisi oleh guru)
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Nilai
|
Paraf Guru
|
1.
|
Kedisiplinan
|
||
2.
|
Ketelitian
|
||
3.
|
Kerapian
|
||
4.
|
Kebersihan
|
||
5.
|
Kerjasama dalam kelompok
|
||
Rata- rata
|
b. Penilaian
Kognitif : Tes tulisan
c. Penilaian Psikomotor
c. Penilaian Psikomotor
Penilaian Psikomotor
(diisi oleh guru)
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Nilai
|
Paraf Guru
|
1.
|
Bekerja sesuai prosedur
|
||
2.
|
Kemampuan mengidentifikasi
objek
|
||
3.
|
Ketepatan hasil
|
||
4.
|
Kemampuan mencatat data
|
||
5.
|
Kemampuan menganalisis data
|
||
6.
|
Kemampuan menarik kesimpulan
|
||
Rata- rata
|
LKPD. RUANG LINGKUP BIOLOGI
Judul :
Ruang Lingkup Biologi
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/semester : X/1
Waktu : 45 menit
Kompetensi Dasar : Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada
berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan),
metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada
berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan),
metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan
1. Menjelaskan definisi biologi secara benar
dan tepat.
2. Menjelaskan ruang lingkup biologi dengan benar.
3. Menjelaskan
kedudukan biologi di antara ilmu pengetahuan lain secara tepat.
4. Menjelaskan
cabang-cabang ilmu dalam biologi dengan benar.
Langkah
Kegiatan
1.
Bacalah dengan cermat
bahan ajar tentang virus
2.
Jawablah pertanyaan
yang ada pada LKPD dengan benar dan singkat
3.
Diskusikan jawaban
dengan anggota kelompokmu
4.
Setelah yakin, tuliskan
jawaban tersebut pada lembar yang sudah disediakan.
1. Apa yang dimaksud dengan ilmu
biologi?
2. Jelaskan ruang lingkup biologi yang
makin meluas bagi ilmu biologi!
3. Sebutkan 5 cabang ilmu biologi
beserta pengertiannya?
4. Jelaskan kedudukan ilmu biologi
dengan ilmu yang lain!
5. Jelaskan keterkaitan ilmu biologi
dengan ilmu yang lain!
Nama/Kelompok _______________________ Kelas: _________ Tgl: _______________
KUNCI LKPD : RUANG LINGKUP BIOLOGI
1.
Apa yang dimaksud
dengan ilmu biologi?
Biologi adalah ilmu yang
mempelajari tentang makhluk hidup dan proses kehidupannya
|
2.
Jelaskan ruang lingkup
biologi yang makin meluas bagi ilmu biologi!
Ruang lingkup biologi yang makin
meluas, menuntut pengkhusussan kajian ilmu biologi oleh para ahli. Sehingga,
adanya pengkhususan kajian ini menghasilkan berbagai cabang ilmu biologi.
|
3.
Sebutkan 5 cabang ilmu
biologi beserta pengertiannya?
Peserta didik menjawab lima cabang
biologi.
|
4.
Jelaskan kedudukan ilmu
biologi dengan ilmu yang lain!
Ilmu biologi merupakan salah satu
cabang dari sains. Biologi mempunyai kedudukan yang sangat penting
karena merupakan ilmu yang mendasari berbagai ilmu terapan yang lain.
|
5.
Jelaskan keterkaitan
ilmu biologi dengan ilmu yang lain!
Ilmu biologi terkait dengan ilmu
yang lain. Perkembangan
Biologi didukung oleh perkembangan ilmu-ilmu tersebut, begitu juga
sebaliknya. Contohnya: Biologi dapat
berkembang pesat dengan adanya penemuan alat-alat yang bekerja berdasarkan
prinsip Fisika.
|
0 komentar:
Posting Komentar